Senin, 06 Agustus 2012

Berbagai Service CD-rom

Hampir semua pengguna komputer menemukan kesalahan sistem pada satu masalah atau yang lainya. Mungkin hal dapat terjadi pada setiap waktu sementara anda tidak menyadari timbulnya masalah karena anda merasa pemakaian PC anda sesuai prosedur ,atau pemasangan peripheral device sesuai standard tapi kadang kesalahan datang sesudahnya

Sistem kesalahan terjadi karena berbagai alasan, dari mana, masalah registry dan malware, seperti virus dan spyware adalah salah satu penyebab utama. Setiap kali kesalahan sistem terjadi pada sistem Windows Anda, pesan kesalahan ditampilkan pada layar untuk memberitahu Anda tentang kesalahan. Pesan-pesan ini, meskipun cukup teknis dan tidak begitu jelas, dapat menunjukkan bagaimana Anda harus mencari tentang perbaikan jenis kesalahan tertentu .
Apa menyebabkan kode kesalahan sistem 39 ketika Anda mencoba untuk mengakses drive CD dan bagaimana memperbaiki kesalahan pada Windows XP atau Vista .Beberapa langkah pencegahan untuk memastikan bahwa kesalahan sistem tersebut tidak terjadi pada PC Anda.

Jika CD-ROM Anda tidak terlihat di My Computer, Anda mungkin akan melihat pesan kesalahan berikut ditampilkan dengan item CD atau DVD drive di Device Manager Anda. (Langkah-langkah untuk membuka Device Manager)

“Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing. (Code 39)”

Langkah Untuk memperbaiki kesalahan ini
Meng-update driver dari Device Manager.

Untuk membuka Device Manager, klik kanan My Computer pada Desktop, dan kemudian pada tab Hardware, pilih tombol Device Manager). Pada jendela Device Manager, mengidentifikasi CD atau DVD drive item (tanda seru kuning dengan tanda, klik-kanan padanya dan pilih Update Driver. Ikuti petunjuk pada layar untuk memperbarui driver perangkat dan restart PC Anda.
Menghapus device, klik kanan device yang bermasalah dan delete kemudian pada menu deice manager find change, windows akan mendeteksi ulang semua hardware yang belum masuk pada list system
Using Registry Editor

Jika memperbarui driver tidak menyelesaikan masalah, hal ini menunjukkan bahwa ada masalah dalam registri. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda mungkin harus menghapus beberapa kunci dari registri.

Catatan: Hati-hati saat bekerja dengan editor registri karena perubahan dilakukan terhadap registry menggunakan Registry Editor yang ireversibel dan kesalahan bisa meninggalkan Anda dengan lebih banyak masalah daripada ketika Anda mulai. Oleh karena itu, dianjurkan bahwa Anda membuat cadangan registri sebelum melanjutkan dengan perubahan.
Setelah Anda telah menghapus kunci registri tercantum di bawah ini, Anda akan harus menginstal ulang semua aplikasi atau drive yang Anda gunakan untuk CD atau DVD.

Untuk memperbaiki kesalahan dengan mengedit registri, melakukan langkah-langkah berikut:
1. Keluar dan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan pada PC Anda.
2. Pada Start> Run ketik regedit dan tekan Enter.
3. Selanjutnya, navigasikan ke kunci registri berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Class \ (4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318)
4. Hapus semua entri registri berikut jika mereka ada di bawah tombol ini:
LowerFilters
LowerFilters.bak
UpperFilters
UpperFilters.bak
5. Restart PC Anda dan buka My Computer untuk memastikan bahwa drive CD-ROM terlihat.
6. Buka Device Manager lagi untuk memastikan bahwa tanda seru kuning dan kode kesalahan sekarang pergi.
7. Restart PC Anda dan buka My Computer untuk memastikan bahwa drive CD-ROM terlihat.
8. Buka Device Manager lagi untuk memastikan bahwa tanda seru kuning dan kode kesalahan sekarang hilang.
Catatan : Bila anda kesulitan menemukan registry entry diatas ini gunanakan search menu pada menu regedit
Untuk mencegah kesalahan sistem

Anda harus memperhatikan hal berikut:
Selalu berhati-hati pada situs -stus yang anda buka, jangan abaikan peringatan dari provider atau SEO saat ada site yang dinyatakan bermasalah bila anda nekad memasukinya dan juga pada setiap email yang masuk, anda harus selektif untuk membukanya atau langsung menghapus nya
Lakukan penScanan secara rutin dengan antivirus atau antispyware dan program-program anda pada sistem, dan pastikan selalu mengupdate secara berkala
Gunakan Registri cleaner baik seperti RegGenie,Registry washer etc secara teratur untuk scan dan memperbaiki registri.

Sistem kesalahan adalah tamu yang tidak diinginkan yang dapat membuat Anda kehilangan banyak waktu berharga. sistem perawatan pencegahan dan kewaspadaan dapat membantu Anda mempertahankan kesalahan ini , dan memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman komputasi yang menyenangkan.


2


Kejadian ini merupakan hal yang pernah saya alami dimana komputer yang telah saya install, Windows vista dan windows XP, setelah restart tiba-tiba tidak dapat meload Driver CD/DVD-ROM yang mengakibatkan dianggap tidak adanya Drive CD/DVD-ROM, padahal Drive dapat digunakan untuk boot dari CD/DVD-ROM untuk menginstall Operating sistem. Di dalam BIOS pun DVD/CD-ROM dapat dikenali dengan baik

Dugaan sementara adalah ada yang tidak beres dengan driver atau sistem operasi, cara yang paling tepat dan mudah bagi sebagian orang adalah menginstall ulang sistem operasi.Tapi tentunya saya tidak akan menerangkan dan menggunakan cara tersebut. Melalui Device Manager saya melihat Drive CD/DVD-ROM saya terdeteksi hanya saja, ada tanda seru, yang bertanda ada yang tidak beres. Pesan yang disampaikan oleh device manager adalaha sebagai berikut



"Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing. (Code 39)"

Karena inilah Optical drive tidak muncul di My Computer, mencoba menguninstall driver kemudian merestart tidak juga menyelesaikan masalah, update driver juga tidak membawa perubahan akhirnya saya melakukan hal ini :

1.Click Start > Run, dan ketikan regedit lalu tekan enter cara lain juga bisa denga menekan tombol super (logo windows) dan huruf R, dan ketikan regedit.

2. Click ditanda (+) selanjutnya ikut urutan struktur registry dibawah ini (mirip struktur direktori)

>HKEY_LOCAL_MACHINE
>SYSTEM
>CurrentControlSet
>Control
>Class
>{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

4) Didalam folder tersebut terdapat sejumlah settingan(nilai) yang dapat terbaca, pilih settingan dengan nama
* UpperFilters
* LowerFilters
* UpperFilters.bak (jika ada)
* LowerFilters.bak (jika ada)

Hapus settingan dengan nama diatas, bisa dilakukan dengan memilih nama yang dimaksud, klik kanan lalu pilih delete atau memilih nilai yang ditentukan kemudian tekan tombol delete.

5) Jika settingan yang telah ditentukan sudah dihapus, tutup registry editor dan restart komputer.

Dengan cara ini Drive CD/DVD-ROM yang sebelumnya tidak tampil di My Computer akan tampil, untuk memastikan cek kembali di Device Manager. cara ini mungkin tidak berhasil untuk beberapa kasus yang tidak disebabkan karena hal yang saya alami.


3


Cara mengatasi CD/DVD Rom yang tidak ke-detect di Windows 7 & Windows XP
17.09.2011 (2:14 pm) – Filed under: Journal,Micr0soft,My Experience

Suatu malam, Seorang kawan saya yang berada di German sedang kebingungan, problem yang dialaminya yaitu DVD Rom yang ada di Notebooknya tidak terdeteksi di Windows 7, via chat saya usulkan untuk download driver DVD ROM terbaru, setelah di download dan di instal DVD ROM tersebut masih blm terdeteksi, hmmm cukup menarik. berikut ini pesan error yang sering muncul ketika update driver CD/DVD drive

The device is not working properly because Windows cannot load the drivers required for this device (Code 31).

A driver for this device was not required, and has been disabled (Code 32 or Code 31).

Your registry might be corrupted. (Code 19)

Windows successfully loaded the device driver for this hardware but cannot find the hardware device. (Code 41)

Karna jarak Indonesia dan German melewati berbagai macam pulau dan samudra tentu tidak mungkin saya memintanya untuk datang ke indonesia hanya untuk memperbaiki “masalah sepele” seperti ini.

Akhirnya saya mintanya untuk meng-instal Team Viewer agar saya bisa me-remote dan melihat langsung apa yang sebenarnya terjadi. (PS : Team Viewer adalah applikasi untuk me-remote komputer orang lain selama ada koneksi internet :p )

Setelah saya masuk ke notebook inilah tampilan yang saya lihat, di device manager & explorer tidak ada Drive DVD (jangan berpikir bahwa notebook ini tulisannya berantakan karna terserang virus, ini adalah Windows 7 yang berbahasa German, ribet ga tu liatnya hahahha)
dvd-rom-not-detected

dvd-rom-not-detected

Saya juga sudah mencoba untuk meng-instal Update driver terbaru dan hasilnya memang ‘nihil’, kemungkinan terakhir adalah problem di registry, berikut ini cara untuk mengatasinya :

Windows 7

* Buka Regedit (Start – Run – ketik regedit)

* Cari letak registri berikut

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

* Pada kolom sebelah kanan delete 2 buah key yaitu “UpperFilters” & “LowerFilters”
* Restart komputer / Notebook / Netbook Anda
* Terakhir jangan lupa berdo’a agar setelah restart DVD Rom anda terdeteksi :P

Windows XP

* Buka Regedit (Start – Run – ketik regedit)

* Cari letak registri berikut

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

* Sama halnya dengan windows 7, pada kolom sebelah kanan delete 2 buah key yaitu “UpperFilters” & “LowerFilters”
* Restart komputer / Notebook / Netbook Anda
* Terakhir jangan lupa berdo’a agar setelah restart DVD Rom anda terdeteksi :P

Setelah saya lakukan cara-cara diatas akhirnya DVD-Rom Notebook kawan saya berhasil terdeteksi. (agal lama juga ngerjaiinya karna ribet isinya buahasa German hahhaha :p )


4

solusi mengatasi CD-ROM yang tidak terdeteksi
Penyebab 1
Pemasangan interface (kabel data) yang tidak benar dapat menyebabkan CD – ROM tidak terdeteksi oleh BIOS.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut adalah memeriksa ulang pemasangan kabel – kabel CD – ROM (kabel data dan kabel power), antara pin satu kabel interface (yang berwarna merah) akan bertemu dengan kabel merah power supply.

Penyebab 2
Misalkan pada instalasi setup BIOS, Primary Master pada pilihan Auto, Primary Slave pada pilihan None, Secondary Master pada pilihan None dan Secondary Slave pada pilihan None, maka CD – ROM tidak akan terdeteksi.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin anda dapat lakukan untuk membantu mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menentukan pilihan instalasi IDE Primary dan Secondary berada pada pilihan auto, ini berguna untuk mendeteksi seluruh peripheral secara automatic, tanpa anda harus merubah setip BIOS setiap perubahan atau penggantian peripheral.

Penyebab 3
Jika pemilihan set jumper CD – ROM dan hard disk dipasang dengan satu kabel, pada satu pilihan Master – Master atau Slave – Slave dapat menyebabkan CD – ROM anda tidak terbaca.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin anda dapat lakukan untuk membantu mengatasi permasalahan di atas adalah dengan pemasangan set jumper antara CD-ROM dan Hard disk. Jika satu kabel data, sebaiknya hard disk pada set jumper Master dan CD – ROM pada set jumper Slave, atau dengan jalan terbaik yaitu memisahkan interface CD – ROM dan hard disk, yang mana hard disk diletakkan pada instalasi IDE Primary, sedangkan CD – ROM diletakkan pada Instalasi IDE Secondary.
Penyebab 4
Memasang CDROM pada komputer, tetapi pada waktu digunakan CDROM
tidak bisa membaca inputan atau kasus lain Windows tidak mengenali CDROM
yang di pasang.
Solusi:
1. Buka kembali casing komputer. Pastikan kabel power dan kabel data
sudah masuk ke slot yang ada di motherboard dan CDROM. Jika ada
yang belum dimasukkan, segera dimasukkan.
2. Cek pemasangan kabel, jangan sampai terbalik. Karena kalau sampai
terbalik, CDROM tidak akan bisa terbaca.
3. Cek driver dari CDROM yang dipasang pada komputer. Biasanya begitu
CDROM terpasang, maka Windows akan memberikan pesan menemukan
perangkat keras baru yang terpasang. Supaya CDROM berjalan dengan
sempurna, segera install driver yang menyertai CD ROM tersebut.
4. Apabila CDROM masih belum bisa membaca, kemungkinan head atau
optik yang ada di CDROM tersebut kotor. Untuk membersihkannya,
bisa membeli CD Cleaner di toko-toko yang menjual VCD.

Penyebab 5
Kegagalan meng-uninstall , mencoba meng-uninstall driver tetapi tidak tidak
bisa berjalan dengan baik.
Solusi:
1. Klik menu Start» Klik kanan My Computer» Properties» pilih bagian
Hardware » Device Manager» DVD/CD-ROM Drives Klik kanan pada
drive tersebut dan pilih Uninstall dari menu yang ada. Restart
komputer.
2. Setelah di restart, Windows akan meng-install kembali driver dan
mengenali CD/DVD ROM.



Penyebab 6
CD ROM tidak otomatis aktif ketika kita memasukkan sebuah CD ke dalam
CDROM tersebut.
Solusi:
Untuk mengaktifkan fitur "Audio insert notification", langkahnya adalah
sebagai berikut:
1. Klik kanan icon My Computer pada desktop, kemudian pilih Properties.
Kotak dialog System Properties akan muncul.
2. Klik pada bagian Device Manager. Sebuah daftar dari perangkat keras
akan muncul.
3. Klik kanan dua kali CD-ROM, kemudiaan pilih CD-ROM drive.
4. Pilih tombol Properties. Kotak dialog properties dari CD-ROM akan
muncul.
5. Pilih pada bagian Settings.
6. Klik pilihan "Auto insert notification" untuk diaktifkan.
7. Pilih OK sampai semua dialog Properties ditutup, kemudian restart
Windows untuk melihat perubahan yang terjadi
CARA MEMPERBAIKI WINDOWS MEDIA PLAYER

Bagi anda yang pernah mengalami pengalaman seperti yang saya alami, dimana Windows Media Player tidak bisa dijalankan. Ketika dijalankan, muncul jendela pop up atau pesan notifikasi seperti berikut : “An internal application error has occured”. Kejadian ini saya alami ketika saya meng-unistall Windows Security Update dan Framework.Net v.4.0. Dan ketika saya ingin memutar sebuah file mp3, tiba-tiba Windows Media Player v.11 milik saya sudah tidak dapat digunakan dan muncul pesan seperti tadi. Untuk mengatasi hal tersebut, saya coba menghapus dan install ulang WMP bahkan “rollback” otomatis yang mengembalikan WMP saya ke v.10 pun tidak bisa memperbaikinya. Saya berkali-kali istall ulang installer versi 10, karena di forum-forum internet ada isu bahwa Windows Media Player memilki bug dan disarankan versi 10 saja, tetapi tetap saja masalah tidak teratasi. Untungnya di salah satu forum tersebut, saya menemukan jawaban yang “mungkin” bisa menyelesaikannya. Saya beri tanda kutip karena saya belum yakin akan tingkat keberhasilannya. Tetapi ternyata berhasil, berikut caranya :

Jika anda memiliki masalah yang sama dengan masalah saya diatas, lakukan cara berikut. Klik “Start” dan klik pada “Run..” dan isikan pada kolom dengan mengetikkan berikut :

regsvr32 jscript.dll lalu klik “OK”

Maka pesan “sukses” akan ditampilkan di layar komputer anda, berikutnya ketikkan berikut dengan cara yang sama :

regsvr32 vbscript.dll lalu klik “OK”

Pesan sukses juga akan muncul seperti sebelumnya. Untuk mencoba keberhasilannya, buka folder tempat anda menyimpan file mp3 dan buka dengan Windows Media Player atau langsung eksekusi ikon Windows Media Player yang anda miliki. Pastinya Windows Media Player sudah bisa digunakan seperti biasa. Demikian sedikit tips dari saya, semoga membantu anda yang memiliki masalah yang sama.

2 Kerusakan Windows Media playerBagaimana Cara Memperbaiki Kerusakan Windows Media player? Windows Media Player adalah media player paling populer di luar sana karena satu alasan sederhana yaitu disertakan dengan setiap edisi sistem operasi Microsoft Windows. Fakta bahwa media player ini sangat populer tidak berarti bahwa dia yang terbaik. Sebaliknya, WMP berat pada sumber daya sistem, dapat memperlambat komputer Anda, dan bahkan hal lain yang lebih beresiko.

Tapi yang paling buruk adalah bahwa Windows Media Player sering terjadi error yang membuatnya tidak dapat digunakan. Jadi, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda memperbaiki error Windows Media Player.

Jika realitasnya WMP memperlambat komputer Anda dan dibutuhkan waktu lama untuk berpindah dari satu lagu ke yang lain, masalahnya mungkin adalah bahwa hardware anda tidak cukup untuk mendukung WMP untuk bekerja secara lancar. Ada dua solusi yang mungkin untuk masalah ini – Anda harus memperbarui driver kartu audio atau hanya menonaktifkan semua perangkat tambahan Windows Media Player.

Memperbarui driver kartu audio adalah sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa PC atau manual laptop untuk mengetahui kartu audio yang Anda gunakan dan kemudian kunjungi situs web produsen card. Di sana Anda dapat mencari driver yang tepat download dan perbaruilah dengan Wizard di Device Manager yaitu update driver.Jika memperbarui driver secara manual terdengar rumit, Anda dapat selalu menggunakan driver updater, seperti Agen Driver.

Cara menonaktifkan Windows Media Player Enhancements

Jika memperbarui driver kartu audio Anda tidak membantu banyak, maka Anda harus menonaktifkan berbagai perangkat tambahan Windows Media Player. Berikut adalah cara melakukannya:

1. Klik pada tombol Start dan masuk ke ControlPanel
2. Buka Sound dan masuk ke tab Playback
3. Sekarang klik ganda pada Speaker/Headphone dan klik pada tab enhancements
4. Pilih opsi Disable all enhancements
5. Klik OK dan Anda selesai

Selain menonaktifkan menonaktifkan menonaktifkan perangkat tambahan, Anda juga dapat menonaktifkan visualisasi untuk mempercepat pekerjaan. Untuk melakukan itu, cukup buka Windows Media Player, klik kanan pada ruang kosong dalam jendela player, masuk ke Visualizations and select No visualizations. Pemutar audio harus lebih responsif dan berjalan lebih cepat sekarang.

Perbaikan Windows Media Player Kesalahan
Kadang-kadang ketika Anda memperbarui Windows Media Player, tidak dapat memperbaiki kesalahan maka menginstall versi baru akan merupakan cara yang tepat. Hal ini biasanya terjadi karena pengaturan registri lama mencegah yang baru bekerja dengan benar. Untungnya, masalah ini mudah untuk memperbaikinya. Yang perlu Anda lakukan adalah memperbaiki kesalahan registry dengan registry cleaner terpercaya pilihan Anda.

3 diantaranya seperti gambar snapsot seperti yang diatas " sebetulnya yang punya masalah ini bukan saya tapi saudara saya, waktu saya kirim link download setelah berhasil salah klik waktu open with ke klik windows media player dan akhirnya brantakan seperti diatas tadi semua icon berubah menjadi mediaplayer yang parahnya setiap di klik yang keluar mediaplayer.

maka disini saya ber exsperimen dengan komputer saya sendiri dan akhirnya kebingungan juga, soalnya blum pernah memperbaiki yang seperti ini, mungkin kalo pertama masalah icon berubah menjadi media player ini dianggap kena virus, namun karena saya yang ngerjainnya jadi tau, ini karena kesalahan USER alias pemilik komputer itu sendiri.

dengan berbagai cara dari semalam saya ubark abrik tutorial cara memperbaiki icon windows 7 menjadi mediaplayer google link kesana kemari cuma ga ada hasil, karena udah malam dan besoknya kerja yah turu dulu hehehh malum dah jam 3 malam nguantuk bener...

pas pagi hari coba2 cari cara untuk memperbaiki icon windows 7 menjadi media player blum ketemu juga,,, haduh jadi pusing akhirnya... akhirnya kepikiran juga meneliti file apa yang ber masalah,... ternya eh ternyata file shortcut itu ber extension link... nah karena yang saya liat semua yang berubah itu yang ber extension link Shortcut (.lnk) . ini yang semuanya berubah.

aku coba edit regeditnya di bagian link mejadi depaul... walahhhhhhhh uenaeeeeee maknyus langsung jrenggggggggg...

nah bagi agan2 mungkin mempunyai masalah seperti di atas saya kasih tips ubek kompter cara memperbaiki icon windows 7 berubah menjadi media player secara rinci dan gausa oprek regedit segala tinggal klik dan ikuti aja petunjuknya dibawah ini :

1. silahkan download file registernya yang sudah saya bundel di dalam file reg download disini
2. klik file "shotrcut win7 mediaplayer by.abunbogor.reg" yang di download tadi maka akan keluar gambar seperti dibawah ini.

3. Silahkan Log off komputer agan

4. Berhasil seperti memperbaiki icon windows 7 menjadi media player semua
sekian tutorial cara memperbaiki icon soctcut win7 menjadi media player ini mudah2an bisa membantu wasalam

Wirausaha Modal Kecil bagikan kepada teman-tamanmu agar semua tahu ilmunya.korbankan masa muda agar tidak menyesal di masa tua .. penulis di balik ini : muhamad abdul azis jangan asal copas sertakan azisbaypesat.blogspot.com inget UU ITE pasal 27 ayat (3)

if you follow me i will follback you

blog ini blog dofollow jadi jika anda berkomentar diblog ini anda akan mendapatkan backlinks gratis dari blog ini, silahkan komentar walau hanya satu kata saja
♂Azisbay. Diberdayakan oleh Blogger.